Home About us Our Courses Galery Blog News Contact Login

3 Novel Remaja yang Recomended Buat Belajar Bahasa Inggris



Seperti yang pernah dikatakan Wirda Mansyur dalam videonya "Cara Belajar Bahasa Inggris", salah satunya ialah dengan membaca buku. Poin penting dari membaca buku berbahasa Inggris sebetulnya bukan kamu ngerti atau enggak. Tapi setidaknya kamu belajar memahami seperti apa penulisan yang benar, kamu bisa menandai kata-kata yang tidak kamu mengerti dan mencari artinya kemudian.

 

 Biasanya buku yang nggak bikin bosen untuk dibaca adalah yang berbentuk cerita seperti novel. Selain karena bahasanya bertutur, kita juga tidak jenuh karena ada cerita di dalamnya yang membuat kita penasaran sampai akhir. Inilah beberapa novel remaja yang cocok untuk kamu baca sambil belajar memahami Bahasa Inggris :

 

1. Oliver Twist 

 

Novel klasik yang satu ini sih kayaknya kamu juga tahu ya, atau mungkin kamu sudah pernah nonton fillmnya. Nah, nggak ada salahnya kalau kamu coba baca bukunya. Oliver twist ini menceritakan kisah tentang seorang anak yatim piatu yang menghadapi berbagai kesulitan hidup yang bahkan mengerikan untuk dialami di masa sekarang. Terjebak dalam lingkungan pencuri, sempat merasakan nikmatnya tinggal dan dirawat oleh orang yang baik. Namun kemudian kembali jatuh ke tangan penjahat. Kisah ini ditulis Charles Dickens untuk menggambarkan Inggris pada masa revolusi industri, di mana rakyat kelas bawah tidak berdaya untuk mengemukakan pendapat mereka atau sekedar menuntut hak mereka. Novel ini merupakan sindiran tajam yang Dickens hadirkan untuk menggambarkan rasa kebencian terhadap apa yang pernah ia alami juga dahulu. 

 

2. Harry Potter 

 

Novel legendaris yang akan selalu banyak diminati ini pasti kamu sudah tahu. Novel yang ditulis JK. Rowling ini bener-bener blow your mind banget! Kisah fantasinya yang menakjubkan telah membuat para pembacanya berdecak kagum dan terus mengikuti kisahnya sampai buku terakhir. Kalau kamu sudah pernah nonton filmnya, enggak ada salahnya kamu baca lagi bukunya sekedar untuk belajar Bahasa Inggris. Kalau ada yang belum kamu tonton, itu kesempatan bagus untuk baca bukunya. Kalau kamu tahu Iman Usman, co-founder dari ruangguru.com, bahkan memuli kisah suksesnya karena membaca novel Harry Potter versi Bahasa Inggris lho!

 

3. Adventures of Huckleberry

 

Buku dari Mark Twain ini bercerita tentang seorang anak bernama Huck, Huck memulai petualangannya dengan membantu seorang budak bernama Jim untuk melarikan diri dari sungai Mississippi menuju negara bebas. Dengan membiarkan Huck menceritakan kisahnya sendiri, Mark Twain memperlihatkan kontradiksi mengenai rasisme dan diskriminasi di masyarakat yang mengakui kebebasan dan kesetaraan. (ef.co.id) Kebanyakan buku seperti ini diangkat dari gejolak sosial yang terjadi di masa itu. Keseruan membaca buku seperti ini akan membawa kamu ke dalam dunia yang sangat berbeda. 

 

Membaca novel menurut beberapa orang dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap orang lain, selain itu membaca cerita juga memberikan kita kebebasan untuk menciptakan visual sendiri di dalam kepala kita. Yuk, mulai membaca! Dan kamu akan menemukan dirimu yang berbeda dari sebelumnya. :)

Photo by Aliis Sinisalu on Unsplash

EPLC-2K17