Home About us Our Courses Galery Blog News Contact Login

Jangan Grogi Dulu, Ini Cara Mudah Memulai Pembicaraan dengan Turis Asing



Seringkali kita yang masih belajar bahasa Inggris ini keburu grogi saat memulai pembicaraan dengan turis asing, padahal ini adalah kesempatan kamu untuk mempraktikan kemampuan yang telah kamu pelajari. Ada beberapa kunci yang bisa kamu lakukan untuk mulai pembicaraan dengan turis asing.

 

1. Jangan lupa senyum

 

Tips pertama adalah mulai tersenyum, tapi jangan senyum kelamaan ya. Senyum saja sewajarnya, tulus dan menunjukkan kalau kamu siap untuk berteman dan menandakan bahwa kamu adalah tipe yang menyenangkan dan asyik diajak ngobrol.

 

Selain menunjukkan keramahan, senyum juga mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang lho. Senyum yang benar-benar berasal dari hati dan diri sendiri memiliki kekuatan dahsyat untuk mengusir rasa takut.

 

2. Awali dengan salam dan pertanyaan

 

Selain tersenyum, memberi salam adalah pertanda siap untuk memulai komunikasi dengan turis. Menyapa mereka terlebih dahulu bukanlah hal memalukan. Bahkan, hal itu menunjukkan kalau kamu orangnya ramah dan suka bergaul.

 

Untuk memulai percakapan bahasa Inggris dengan turis, kamu harus memberi salam plus pertanyaan lanjutan. Misalnya dengan menanyakan cuaca seperti “Hi, it’s good weather. What do you think?”

 

3. Lanjutkan bertanya

 

Setelah melakukan sapaan dan pertanyaan awal, jika direspon jangan berhenti sampai situ. Berilah turis yang kamu ajak ngobrol tersebut pertanyaan lanjutan dengan pertanyaan-pertanyaan ringan. Seperti aktivitas yang sedang ia lakukan dan lain sebagainya.

 

4. Jangan baper

 

Jika kamu bertemu dengan turis asing yang cuek-cuek saja dan tidak merespon positif pertanyaan kamu, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan, jangan baper, lebih baik cari turis lain yang tak keberatan jika diajak ngobrol.

 

Terpenting adalah jangan kapok untuk menyapa duluan ketika kamu bertemu dengan turis asing.

 

5. Jelaskan tujuanmu

                                          

Setelah mendapat turis yang mau diajak bercakap-cakap, kamu perlu menjelaskan apa tujuanmu. Apapun tujuanmu jelaskan padanya, entah itu hanya untuk mencari teman bule saja atau punya tujuan lain misalnya untuk praktik tugas sekolah, praktik bicara bahasa Inggris atau bahkan ingin mengetahui budaya mereka.

EPLC-2K17