Home About us Our Courses Galery Blog News Contact Login

Jelang Pemilu Presiden 2019, Ini Alasan Kamu Harus ‘Melek Politik’



Kampung Inggris Bandung - Tahun depan sudah memasuki tahun politik, dimana pada tahun 2019 seluruh rakyat Indonesia diminta untuk menentukan pilihannya terkait presiden dan wakil presiden yang akan memerintah dalam kurung waktu 5 tahun kedepan.

Sebab itulah, melek politik begitu penting. Mengapa penting? Simak penjelasnnya yuk.

 

1. Mengenal negara dengan mengenal politiknya

 

Kalau kamu mau lebih mengenal Indonesia, cobalah untuk mengenal dengan cara membaca dinamika politiknya. Kamu bisa mulai memahaminya dengan membaca di buku, surat kabar atau internet, pilihlah berita-berita yang menyajikan ulasan dengan lengkap ya. Karena, jika hanya setengah-setengah, bisa jadi nanti kamu gak akan paham secara komprehensif.  

 

2. Wawasan lebih terbuka

 

Dengan memahami dinamika politik negera sendiri, pikiran kamu juga tentunya akan lebih terbuka karena mengetahui banyak hal terjadi di ranah politik. Sehingga tidak mudah menjustifikasi orang lain hanya dari luarnya saja dan kamu tentunya akan bersikap lebih kritis lagi.

 

3.Tidak mudah termakan hoax

 

Karena sikap kritis tadi, kamu tidak akan mudah terkena berita dan informasi-informasi hoax. Kamu akan terbiasa menelusuri informasi tersebut ke sumber-sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga kamu bukanlah sasaran empuk dari para pembuat hoax.

 

4.Menjadi pemilih rasional

 

Yang paling penting dari ‘melek politik’ adalah menjadi pemilih yang rasional. Artinya, ketika pemilu digelar, kamu dapat mempertimbangkan calon mana yang pantas mengemban amanah baik sebagai kepala daerah, legislatif ataupun kepala negara. Tentunya dengan mempertimbangkan kemampuannya, bukan dengan melihat darimana ia berasal, latarbelakangnya, ras, suku dan bahkan agamanya.

 

Melalui ‘melek politik’ juga setidaknya kamu akan menjadi generasi muda yang mampu menyumbangkan kontribusi dalam politik yang sehat di Indonesia.  

EPLC-2K17