Home About us Our Courses Galery Blog News Contact Login

Selama Ramadhan Bisa Tetap Produktif, Ini Tips-nya



Kampung Inggris Bandung - Memasuki bulan Ramadhan bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa tentu harus tetap semangat dalam berbagai aktivitas terutama tetap produktif belajar. Ada tipsnya loh untuk dapat menjaga itu semua, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

 

1. Sahur bergizi

 

Makanlah makanan yang bergizi lengkap saat sahur, jangan makan untuk kenyang. Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau, ditemani protein dari ayam, tempe, dan tahu, serta serat dari sayuran dan buah-buahan, jadi pilihan bagus.  Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup

 

2. Belajar setelah sahur

 

Tidur setelah sahur justru lebih banyak membuat kita merasa lemas pada saat bangun. Hal ini diakibatkan oleh kemungkinan siklus tidur yang kita lalui tidak optimal, sehingga lebih baik memaksimalkan tidur di malam hari, dan melakukan aktivitas ringan setelah sahur. Setelah mengaji, waktu ini cocok digunakan untuk belajar.

 

3. Tidur siang

 

Manfaatkan waktu di siang hari untuk beristirahat dengan tidur siang apabila ada kesempatan. Tidur siang sebentar membantu kita dalam mengistirahatkan tubuh, serta melakukan aktivasi otak dalam mengolah dan mengoneksikan informasi-informasi yang kita dapat selama beraktivitas di pagi harinya.

 

4. Lakukan Kegiatan Tambahan yang Positif 

 

Ramadhan jangan dijadikan alasan kita untuk bermalas-malasan ya, kita bisa banget lho gunain waktu selama ramadhan ini untuk melakukan aktivitas positif lainnya, seperti mengambil program di tempat kursus di E-PLC misalnya. Sambil menunggu berbuka yang biasa kita sebut dengan ngabuburit, bisa banget kita ikut kelas sore, selain ini membuatmu produktif tentunya kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat.  

 

5. Tidur cukup di malam hari

 

Di bulan puasa, akan ada lebih banyak kegiatan yang membuat kita tidur lebih larut dari biasaya. Buka puasa bersama, program Ramadhan di televisi, atau bahkan sekedar nongkrong bersama teman-teman atau keluarga. Kita harus tahu, kapan sebaiknya kita tidur larut, dan kapan sebaiknya kita beristirahat, sesuai keadaan fisik, emosi, dan aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

 

6. Lakukan aktivitas fisik ringan

 

Selama berpuasa, ada baiknya jika kita tetap melakukan beberapa aktivitas fisik untuk menjaga kesegaran otak kita dalam belajar. Aktivitasnya tidak harus berat, namun senam kecil, jalan kaki, bersepeda, dan aktivitas fisik ringan lainnya bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap prima, bahkan saat berpuasa.

 

7. Ibadah dengan happy!

 

Jangan sampai semua kegiatan ibadah kita dilakukan seperti terpaksa ya Sahabat. Jalani ibadah dengan perasaan senang, jangan sampai kita menyalahkan puasa yang dapat menghambat aktivitas belajar kita ya. Ingat, Be happy!

EPLC-2K17