Home About us Our Courses Galery Blog News Contact Login

Ternyata, Tiga Aturan Sederhana dalam Bahasa Inggris Ini Sering Disepelekan



Kampung Inggris Bandung - Meski sudah menjadi bahasa Internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia, terkadang ada aturan sederhana Bahasa Inggris yang sering disepelekan, apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.  

 

1. Kata "I" (saya) yang harus ditulis dengan huruf kapital

 

Dalam Bahasa Inggris, kata "I" (saya) merupakan satu dari dua kata Bahasa Inggris yang terdiri dari satu huruf. Kata lainnya adalah "a" (sebuah). Jika kamu perhatikan sejumlah artikel dalam Bahasa Inggris, maka kamu dapat melihat bahwa kata "I" ini merupakan kata yang unik. Sebab ia merupakan satu-satunya kata ganti orang yang ditulis dengan menggunakan huruf kapital.

 

 

2. Penulisan kata "a" dan "an"

 

Sama seperti kata "I" (saya), kata "a" (sebuah) merupakan kata Bahasa Inggris yang hanya menggunakan satu huruf. Namun selain "a", ada kata lain yang juga merujuk pada arti "sebuah", yakni kata "an", yang merupakan bentuk lain dari kata "a".

 

Penggunaan kata "a" dan "an" ini sangat dipengaruhi oleh kata yang mengikuti kata tersebut. Di sinilah orang-orang terkadang menyepelekan hal tersebut. Banyak yang berpikir bahwa kata "an" ditulis sebelum kata yang diawali dengan huruf vokal.

 

Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebab aturan sebenarnya adalah, kata "an" ditulis sebelum kata yang diawali oleh huruf yang ‘berbunyi’ huruf vokal, bukan oleh huruf vokal. Sementara kata "a" ditulis sebelum kata yang diawali oleh huruf ‘berbunyi’ huruf konsonan.

"It was an honor for me"

"My father bought me a uniform"

 

 

3. Pengucapan kata "the"

 

Secara sederhana, kata "the" ini tidak mempunyai arti khusus. "The" dapat diartikan sebagai kata "sebuah", sama seperti kata "a/an". Namun, kata "the" ini juga terkadang tidak diterjemahkan secara eksplisit.

 

Sedikit berbeda dengan "a/an", arti kata "sebuah" yang menggunakan "the" merujuk pada benda yang sudah jelas atau sudah pasti. Sementara kata "a/an" merujuk pada kata benda yang belum jelas bendanya yang mana.

 

Sama seperti "a/an", kata "the" juga mendapatkan perlakuan berbeda saat dihadapkan pada kata yang diawali oleh huruf berbunyi huruf vokal atau konsonan. Sekali lagi, bukan kata yang diawali oleh huruf vokal atau konsonan, tetapi yang diawali oleh “bunyi” huruf vokal atau konsonan.

EPLC-2K17