Dua Bentuk Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Kata Benda atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Noun merupakan kata yang digunakan ketika kita ingin menunjukkan nama orang, nama tempat, atau nama suatu benda atau segala sesuatu yang dibendakan.

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Kata Benda atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Noun merupakan kata yang digunakan ketika kita ingin menunjukkan nama orang, nama tempat, atau nama suatu benda atau segala sesuatu yang dibendakan. Dalam Grammar Bahasa Inggris, Noun terbagai menjadi dua bentuk yaitu Concrete Noun dan Abstract Noun.

Concrete Noun

Concrete Noun adalah kata benda yang dapat dilihat, kata benda yang berwujud, dan dapat. Misalnya, buku, sepatu, sandal, gelas dan masih banyak lagi lainnya. Concrete Noun sendiri terbagi menjadi empat bentuk, yaitu:

  1. Material Noun (Kata Benda Material).

Material Noun adalah kata benda yang menyatakan bahan, baik itu bahan mentah atau bahan baku, barang tambang dan sejenisnya. Misal : Silver (perak), Gold (emas), Copper (tembaga), Bronze (perunggu), Iron (besi), Diamond (intan), Water (air), dan lain-lain

  1. Collective Noun (Kata Benda Kolektif).

Collective Noun adalah kata benda yang menyatakan suatu kumpulan atau kelompok orang, binatang, atau benda. Misalnya : Audience (hadirin), Team (tim), Fleet (armada), Cattle (kawanan ternak), Crowd (keramaian orang), Parliament (parlemen), dan lain-lain.

  1. Proper Noun (Kata Benda Nama Diri).

Proper Noun adalah nomina atau kata benda yang menunjukkan orang, tempat, sesuatu atau kejadian tertentu yang sudah melekat dan punya arti khusus pada nomina tersebut dan selalu diawali dengan huruf besar. Misalnya : George, Maria (nama orang), Japan (nama negara), Tokyo, Paris (nama kota), Indonesia University, Gajah Mada University (nama sekolah), CV. Cipta Media (nama perusahaan) dan lain-lain. Proper Noun (Kata Benda Nama Diri) ini tidak boleh menggunakan Article (Kata Sandang) seperti the, a, dan an.

  1. Common Noun (Kata Benda Umum).

Common Noun adalah kata benda yang menunjukkan suatu benda secara umum atau tidak tertentu. Misalnya : Lawyer, Teacher, Pensil, Eraser, Shop, Market dan lain sebagainya.

Abstract Noun (Kata Benda Abstrak)

Abstract Noun adalah kata benda yang tidak berwujud, tidak dapat dilihat, dan tidak dapat diraba, tetapi hanya dapat dibayangkan. Misal : Association , Application , Confidience (kepercayaan), Kindness, Friendship, dan lain-lain. Abstract Noun dapat dibentuk dari kata kerja (Verb), kata sifat (Adjective), dan bahkan kata benda itu sendiri (Noun).

Berikut ini beberapa contoh kosakata – kata benda yang termasuk dalam Abstract Noun:

Afford mampu Happen terjadi
Claim klaim Manage mengelola
Fail gagal Prove membuktikan
Learn belajar Tend cenderung
Promise berjanji Appear muncul
Strive berjuang Admit mengakui
Vow bersumpah Delay menunda
Agree setuju Advice nasihat
Condescend berkenan Anticipate antisipasi
Guarantee menjamin Appreciate menghargai
Long panjang Avoid menghindari
Propose mengusulkan Can’t bear tidak tahan
Swear bersumpah Begin memulai
Aim tujuan Complete melengkapi
Consent persetujuan Consider mempertimbangkan

 

Lebih mudah dipahami jika kita langsung melihat contoh kalimatnya seperti ini:

Concrete Noun

Flower (Bunga) :  One cute little girl walking out the street with her friend. She likes being nosy all the time. She tries to snatch a flower out of her friend’s hat many times.

Seorang perempuan kecil sedang berjalan bersama temannya. Ia sangat usil. Ia beberapa kali mencoba merebut bunga dari topi temannya.

Milk (Susu) : We might not regret something happened in the past. Like a proverb says, “it is no use crying over a spilt milk.”

Kita tidak boleh menyesali sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Seperti sebuah pepatah mengatakan, “tidak ada gunanya menangisi susu yang tumpah”.

Abstract Noun

Patience (Kesabaran) : My mom has no limit in patience. She is kinda the softest person I’ve ever witnessed. She never scolds me even a bit.

Ibuku tidak mempunyai batas kesabaran. Ia adalah orang yang paling lembut yang pernah aku tahu. Ia bahkan tidak pernah memarahiku sedikitpun.

Love (Cinta) : Many people say that love is never flat. There will be so many obstacles to face, bad secrets to know, problems to solve and fights to resolve. Nobody says it will be easy.

Banyak orang berkata bahwa cinta itu tidak datar. Akan ada banyak sekali rintangan untuk dihadapi, rahasia yang akan diketahui, masalah yang harus  dipecahkan dan pertengkaran yang harus diselesaikan. Tidak ada yang bilang bahwa cinta itu mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp