Empat Skill Penting yang Mesti Kamu Punya untuk Kuasai Bahasa Inggris

16 Empat Skill Penting yang Mesti Kamu Punya untuk Kuasai Bahasa Inggris

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Ada empat skill utama dalam belajar bahasa Inggris yaitu, reading, writing, listening dan speaking. Keempatnya diperlukan untuk melatih kemampuan berbahasa kita, reading hingga speaking semuanya saling berkaitan untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris kita.

 

Listening 

Salah satu elemen kunci dari belajar bahasa adalah mendengarkan (listening). Listening adalah bentuk belajar aktif dan pasif. Saat kita mendengar kata-kata yang diucapkan dan digunakan dalam kalimat, kita menyerap informasi yang kita simpan untuk digunakan kembali di waktu lain. Listening adalah keterampilan yang mudah dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika kita memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu di negara berbahasa Inggris, kita akan mendapat manfaat dari mendengarkan bahasa di sekitar kita.

Jika kita tidak memiliki kemampuan listening, kita tentu akan kesulitan saat mendengarkan musik, menonton acara TV dan film berbahasa Inggris. Mempelajari bahasa baru juga butuh mendengarkan secara aktif, di mana kita secara hati-hati fokus untuk memahami arti setiap kata dan seluruh kalimat. Seringnya dengan cara mendengarkan atau listening menjadi langkah awal untuk belajar speaking (berbicara). Coba deh bayangin, ketika ada dalam suatu percakapan kita perlu mendengarkan dong untuk merespon lawan bicara kita. 

 

Reading

Mirip dengan listening, reading (membaca) adalah cara penting untuk melatih berbahasa Inggris. Melalui reading kita akan menangkap banyak kata-kata dan menyimpannya dalam pikiran kita untuk digunakan ketika nanti saatnya writing (menulis) dan speaking (berbicara). 

 

Writing

Skill belajar bahasa yang ketiga adalah writing (menulis). Skill ini lebih membutuhkan waktu, kesabaran dan konsistensi untuk mempelajarinya. Writing adalah kesempatan kita untuk menuangkan gagasan menggunakan kata-kata Bahasa Inggris yang telah kita pelajari. Tidak seperti membaca dan mendengarkan dimana bahasa yang perlu dibaca dan didengarnya sudah tersedia, sementara menulis mengharuskan kita untuk membuat sesuatu yang baru. 

Tentu hal ini akan menjadi lebih sulit bagi para pemula, namun kemampuan ini bisa kita miliki asalkan mau untuk terus berlatih menulis dengan berbagai tema. 

 

Speaking

Skill keempat yang harus dikuasai adalah Speaking (berbicara). Seperti halnya menulis, berbicara bahasa Inggris juga mengharuskan kita untuk menghasilkan kata-kata sendiri. Ketika mempelajari skill ini dalam penyusunan dan pengucapan kata tak perlu harus langsung sempurna, tetapi kita bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit. Speaking dalam bahasa Inggris bisa jadi adalah skill yang paling menantang karena kata-kata bahasa Inggris langsung keluar dari mulut kita. 

Berikut ini ada beberapa langkah untuk menguasai skill SPEAKING 

 

Langkah 1

Jenis speaking yang paling umum untuk para pemula biasanya dilakukan dalam bentuk percakapan dasar. Mempelajari percakapan dasar adalah cara terbaik untuk kita dapat memulai berbicara bahasa Inggris. Latih dan hafalkan beberapa percakapan dasar seperti salam yang digunakan sehari-hari (greetings), cara memperkenalkan diri kita, menanyakan nama orang lain, dan pertanyaan sehari-hari seperti “jam berapa”, “dari mana asal kamu”, dan “bagaimana kabar kamu hari ini”. Ini akan menjadi dasar kemampuan berbicara kita. 

 

Langkah 2:

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan speaking kita di luar kata-kata yang umum dan bekali diri kita dengan banyak kosa kata.  Kita tidak mungkin dapat berbicara dalam bahasa Inggris jika kita tidak mengetahui kosa katanya, jadi menghafal kosakata adalah hal yang sangat wajib. Sebaiknya mulai dengan kata-kata yang biasa kita gunakan sehari-hari. Buatlah daftar hal-hal yang biasanya kita bicarakan, mungkin tentang topik sehari-hati, atau bahkan benda-benda yang ada di sekitar kita.

 

Langkah 3:

Setelah kita memiliki kemampuan percakapan dasar dan kumpulan kosa kata untuk digunakan, langkah selanjutnya kita harus membangun keterampilan berbicara dengan cara terbaik. Pertama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu nantinya kemampuan speaking bahasa Inggris ini akan digunakan untuk apa? Misalnya jika untuk liburan ke negara lain maka, kamu harus mempelajari kata-kata yang berhubungan dengan pariwisata, hiburan, makan, dan navigasi. Jika kamu mempelajari speaking untuk di tempat kerja maka kamu harus fokus pada kata-kata yang berhubungan dengan pekerjaan.

 

baca juga: Jenis-jenis Transition Word and Phrase dalam Bahasa Inggris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp