Preposisi: Begini Cara Lengkap Menggunakannya Disertai dengan Contoh

Preposisi Begini Cara Lengkap Menggunakannya Disertai dengan Contoh

Kampung Inggris Bandung E-PLCPreposisi adalah kata yang dapat menghubungkan kata kerja (verb), kata benda (nouns), dan kata ganti(pronouns) secara bersamaan. Dalam beberapa hal, preposisi juga dapat menunjukan lokasi atau jenis hubungan lainnya yang terjadi antara berbagai kata dalam sebuah kalimat.

 

Banyak kata dapat digolongkan sebagai preposisi tetapi itu tidak berarti bahwa kata tersebut dapat dijadikan preposisi dalam berbagai hal. Contohnya kata ‘after’ bukan preposisi jika dalam kalimat seperti ini. He didn’t meet her until after.

 

Dalam hal ini, kata ‘after’ berfungsi sebagai kata keterangan, namun dengan mengubah letaknya dalam kalimat dan menghubungkannya dengan kata benda, kata itu kemudian menjadi kata depan. Perhatikan kalimat ini: We will meet after lunch.

 

Kata ‘after’ sekarang memiliki hubungan dengan kata benda yakni ‘lunch’ yang mengubahnya menjadi kata depan.

 

Dalam bahasa Inggris, preposisi adalah kata yang menghubungkan kata benda, kata ganti, dan frasa dengan kata lain dalam sebuah kalimat. Preposition digunakan sebelum kata benda, kata ganti, atau gerund untuk menunjukkan tempat (prepositions of place), waktu (prepositions of time), arah (prepositions of movement),… dalam sebuah kalimat.

 

Contoh preposisi: After, along, above, except, from, near, of, before, since, between, upon, with, to, after, toward, in, on, at, about, apropos, according to,…

 

Preposition Examples

In the morning

In (the) summer

In a moment

On Thursday

On the first day

On time

At 12 o’clock

At present

In Manhattan

In a building

On a wall

At the corner

Below the surface

In front of the city hall

During the conference

Before dawn

Within seven days

Into her eyes

Across the road

Along the beach

Down the hill

 

Aturan lengkap dalam menggunakan preposisi

 

  • Aturan pertama, preposisi harus diletakkan sebelum kata ganti atau kata benda yang memiliki hubungan. 

 

Namun, ini tidak selalu terjadi dan ada beberapa pengecualian untuk aturan ini. Banyak orang percaya bahwa preposisi tidak berada di akhir kalimat, tetapi dengan melihat contoh berikut, kita dapat melihat bahwa ini tidak benar. This is something I do not agree with.

 

Seperti yang kita lihat, preposisi ‘with’ berada di akhir kalimat, namun, ini hanya boleh dilakukan jika preposisi memberikan informasi yang relevan. Jika kamu menambahkan frasa ‘with which’ di tengah kalimat, kata depan terakhir tidak diperlukan, mari kita lihat ini:

This is something with which I do not agree

 

Mari kita lihat beberapa contoh saat preposisi mungkin muncul di akhir kalimat.

Where did the man come from?

How many of these people can he depend on?

Who are you going on holiday with?

 

  • Jika menggunakan preposisi ‘like’ yang artinya mirip, kamu harus mengikutinya dengan objek preposisi, baik itu noun frase, kata benda (noun), atau kata ganti (pronoun) dan tidak boleh dengan subjek juga kata kerja. 

 

Untuk membantu kamu mengingat ini, kamu harus menghindari penggunaan kata ‘like’ saat menggunakan kata kerja, seperti ini: 

She looks like her father

She looks like her father does.

 

Kalimat pertama benar karena preposisi ‘like’ mengacu pada kata benda ‘ayah.’ Namun, kalimat berikutnya tidak masuk akal karena preposisi ‘like’ membuat kita percaya bahwa dia melihat (dengan matanya) dengan cara yang sama seperti ayahnya melihat dengan matanya.

 

Saat membuat perbandingan menggunakan subjek dan kata kerja, Anda harus menggunakan kata ‘as’ daripada ‘like’ karena ini akan lebih bisa diterima. Sebagai contoh:

He looks like he’s laughing.

He looks as though he’s laughing.

 

Kalimat kedua dalam contoh di atas benar. Penting untuk diingat untuk hanya menggunakan ‘like’ ketika kamu mengatakan bahwa ada sesuatu yang serupa. 

 

  • Saat menggunakan kata kerja ‘to have’ kita tidak boleh menggantinya dengan preposisi ‘of.’ Ini tidak benar secara Grammar. Kita lihat contoh ini. 

 

He should not have done that.

He should not of done that.

Kalimat pertama benar, meskipun banyak penutur bahasa Inggris mungkin salah menggunakan preposisi ‘of’, tetapi ini sebuah kesalahan. 

 

  • Jika kamu akan menggunakan kata ‘different’ maka biasanya diikuti dengan preposisi ‘from’’. Dalam beberapa kasus, kamu akan melihat bahwa kata ‘different than’ juga dapat digunakan, dan menggunakan kata ini tidak sepenuhnya salah secara grammar. 

He is different than she is.

He is different from her.

 

  • Jika kamu ingin merujuk pada gerakan menuju sesuatu maka kamu harus menggunakan preposisi ‘into’ bukan ‘in.’ Contohnya:

She walked into the room.

She walked in the room.

They dived into the sea.

They dived in the sea.

 

Sebaliknya Jika kamu berbicara tentang sesuatu yang sudah ada dalam sesuatu dan tidak menuju ke sana, maka kamu akan menggunakan kata ‘in’ dan bukan ‘into.’ 

She swam in the ocean.

She swam into the ocean.

 

Baca juga: Jenis-jenis Noun dalam Bahasa Inggis Beserta Contohnya

2 thoughts on “Preposisi: Begini Cara Lengkap Menggunakannya Disertai dengan Contoh

  1. Pingback: Tipe-tipe Preposition dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Contohnya - Kampung Inggris Bandung E-PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp