16 Tenses Bahasa Inggris Beserta Contohnya!

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Temen – temen E-PLC tau gak kalau dalam bahasa Inggris, pada dasarnya cuma ada 16 jenis tenses yang digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya sesuatu. Apa aja sih 16 tenses itu, yuk cek disini:

 

  1.       Present Simple Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang terjadi secara rutin atau kebiasaan. Contoh: “I go to work every day.” (Saya pergi ke kantor setiap hari.)

 

  1.       Present Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang sedang terjadi saat ini. Contoh: “I am cooking dinner now.” (Saya sedang memasak makan malam sekarang.)

 

  1.       Present Perfect Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang telah selesai tapi memiliki dampak terhadap masa sekarang. Contoh: “I have finished my homework.” (Saya sudah menyelesaikan PR saya.)

 

  1.       Present Perfect Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang sedang terjadi dan berlangsung hingga saat ini. Contoh: “I have been waiting for you for an hour.” (Saya sudah menunggumu selama satu jam.)

 

  1.       Past Simple Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang telah selesai di masa lampau. Contoh: “I went to the store yesterday.” (Saya pergi ke toko kemarin.)

 

  1.       Past Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang sedang terjadi di masa lampau. Contoh: “I was watching TV at 8 o’clock last night.” (Saya sedang menonton TV jam 8 malam kemarin.)

 

  1.       Past Perfect Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang telah selesai di masa lampau sebelum suatu kegiatan lain terjadi. Past Perfect Tense terdiri dari had verb (had) dan verb-3 (past participle). Contoh kalimat dalam Past Perfect Tense adalah “I had finished my homework before I went to bed.” (Saya sudah menyelesaikan PR saya sebelum saya tidur.)

 

  1.       Past Perfect Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang sedang terjadi dan berlangsung hingga suatu waktu di masa lampau. Contoh: “I had been waiting for you for an hour before you arrived.” (Saya sudah menunggumu selama satu jam sebelum kamu tiba.)

 

  1.       Future Simple Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang akan terjadi di masa depan. Contoh: “I will go to the store tomorrow.” (Saya akan pergi ke toko besok.)

 

  1.   Future Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang akan sedang terjadi pada suatu waktu di masa depan. Contoh: “I will be watching TV at 8 o’clock tomorrow night.” (Saya akan sedang menonton TV jam 8 malam besok.)

 

  1.   Future Perfect Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang akan selesai pada suatu waktu di masa depan. Contoh: “I will have finished my homework by the time you arrive.” (Saya akan sudah menyelesaikan PR saya saat kamu tiba.)

 

  1.   Future Perfect Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang akan sedang terjadi dan berlangsung hingga suatu waktu di masa depan. Contoh: “I will have been waiting for you for an hour by the time you arrive.” (Saya akan sudah menunggumu selama satu jam saat kamu tiba.)

 

  1.   Present Simple Passive: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang terjadi secara rutin atau kebiasaan, namun dilakukan oleh orang lain. Present Simple Passive terdiri dari to be verb (is, are, was, atau were) dan verb-3 (past participle). Contoh kalimat dalam Present Simple Passive adalah “The cake is baked by my mother.” (Kue itu dibakar oleh ibu saya.)

 

  1.   Present Continuous Passive: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang sedang terjadi dan dijalankan oleh orang lain saat ini. Contoh: “The car is being washed now.” (Mobil sedang dicuci sekarang.)

 

  1.   Present Perfect Passive: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang telah selesai tapi dilakukan oleh orang lain dan memiliki dampak terhadap masa sekarang. Contoh: “The cake has been eaten.” (Kue telah habis dimakan.)

 

  1.   Present Perfect Continuous Passive: digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang sedang terjadi dan dijalankan oleh orang lain dan berlangsung hingga saat ini. Contoh: “The house has been being painted for the last week.” (Rumah sedang dicat selama satu minggu terakhir.)

 

Itulah 16 jenis tenses dalam bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dalam memahami dan menggunakan tenses dengan benar dalam bahasa Inggris. Jangan ragu untuk terus belajar dan mengasah kemampuan kamu dalam bahasa Inggris, termasuk dalam penggunaan tenses yang tepat. Selamat belajar temen – temen E-PLC! Cek juga artikel yang lainnya ya!

 

Baca juga: Apa itu adverb?

 

One thought on “16 Tenses Bahasa Inggris Beserta Contohnya!

  1. Pingback: Melatih Bahasa Inggris dari Kebiasaan Sehari-hari - Kampung Inggris Bandung E-PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp