Adverb: Cara Mudah Memahami Adverb Lengkap dengan Contoh

Adverb Cara Mudah Memahami Adverb Lengkap dengan Contoh

Kampung Inggris Bandung E-PLCApa itu kata adverb? Cara paling sederhana untuk mendeskripsikan adverb adalah bahwa adverb adalah kata yang dapat memodifikasi verb, dengan kata lain mendeskripsikannya, misalnya ‘she running fast’. Kata kerja dalam kalimat ini adalah “runs”, dan ini telah dimodifikasi dengan kata keterangan ‘fast’. 

 

Adverb juga dapat memodifikasi kata sifat untuk menambahkan informasi lebih lanjut, seperti ‘he is quite fat’. Dalam kalimat ini, kata sifat ‘fat’ telah dimodifikasi oleh kata keterangan ‘quite’. Akhirnya, kata keterangan dapat digunakan untuk mengubah seluruh kalimat. Jadi Adverb adalah part of speech yang digunakan untuk mendeskripsikan verb, adjective, atau adverb lainnya. Ini memberitahu kita bagaimana, di mana, kapan, berapa banyak dan dengan frekuensi apa.

 

Untuk sebagian besar, kata keterangan akan diakhiri dengan huruf -ly, namun, ada beberapa pengecualian untuk ini seperti kata ‘fast’. 

  • This is a fast car
  • This car can drive fast.

Dalam contoh pertama, kata fast digunakan sebagai kata sifat, namun di contoh kedua, ‘fast’ digunakan sebagai kata keterangan. 

 

Adverb with verb (Kata keterangan dengan kata kerja)

Adverb dapat digunakan untuk berbicara tentang bagaimana suatu tindakan terjadi. Kamu  mungkin berpikir tentang Adverb ini digunakan untuk menjawab pertanyaan “bagaimana sesuatu terjadi?’ atau ‘Dengan cara apa itu terjadi?’ Misalnya:

  • My dog barks loudly.
  • He will seriously think about this idea.

Kita dapat melihat di sini bahwa kata keterangan menjawab pertanyaan ‘bagaimana anjingnya menggonggong?’ atau ‘bagaimana pendapatnya tentang ide ini?’ Sederhananya jika kamu ingin mengetahui bagaimana suatu tindakan telah dilakukan, Adverb dapat menjawab ini.

Penting untuk diingat bahwa Adverb tidak boleh digunakan dengan kata kerja penghubung (linking verb). 

 

Adverbs with Adjectives and other Adverbs (Kata keterangan dengan kata sifat dan kata keterangan lainnya)

Kata keterangan juga memiliki kemampuan untuk memodifikasi kata keterangan atau kata sifat lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat kata sifat menjadi lebih intens dan deskriptif, memberikan gambaran yang jauh lebih jelas tentang apa yang sedang dibicarakan. Misalnya ketika kita ingin mengatakan “he is tall” kata sifat disini ada pada kata ‘tall’ tetapi seberapa tingginya? Kita bisa lebih menggambarkannya dengan menambahkan adverb menjadi “He is very tall.” Contoh lainnya:

  • My sister is rather attractive.
  • The beach was unexpectedly busy.
  • My teacher is always well dressed.

Kamu juga bisa menggunakan adverb untuk memodifikasi adverb lainnya seperti

  • The food here is almost never good.

Adverb ‘almost’ digunakan untuk memodifikasi adverb ‘never’ dan keduanya digunakan untuk memodifikasi adverb ‘never good’

 

Adverbs to Modify a Sentence (Kata keterangan untuk Memodifikasi Kalimat)

Adverb dapat digunakan untuk mengubah seluruh kalimat dan dalam hal ini biasanya akan Adverb muncul di awal. Ketika digunakan dengan cara ini, kata keterangan tidak berbicara tentang hal tertentu tetapi lebih digunakan sebagai cara untuk memberikan perasaan keseluruhan informasi yang diberikan. Misalnya:

  • Generally, people take the train into London.
  • Luckily, my family lives in a nice location.
  • Interestingly, the ancient people ate the same meats as we do.

Adverbs for Comparison (Kata keterangan untuk Perbandingan)

Dalam beberapa hal, kamu mungkin menggunakan kata keterangan untuk membuat perbandingan. Kamu dapat melakukannya dengan menambahkan kata ‘more’ atau ‘most’ di depan kata keterangan. Misalnya:

  • He ran quickly.
  • He ran more quickly
  • He ran the most quickly

Tipe-tipe Adverb

Ada berbagai jenis kata keterangan (Adverb)  yang mengekspresikan arti yang berbeda. Umumnya, kata keterangan memberitahu kita bagaimana, di mana, kapan, berapa banyak, dan dengan frekuensi apa. Oleh karena itu, jenis kata keterangan diklasifikasikan menurut fungsinya sebagai berikut:

  • Adverb of Frequency: always, sometimes, often/frequently, normally/generally, usually, occasionally, seldom, rarely/hardly ever, never, etc.
  • Adverb of Manner: cheerfully, efficiently, painfully, secretly, quietly, peacefully, carefully, slowly, badly, closely, easily, well, fast, quickly, etc.
  • Adverb of Time: now, yesterday, soon, later, tomorrow, yet, already, tonight, today, then, last month/year, etc.
  • Adverb of Place: off, above, abroad, far, on, away, back, here, out, outside, backwards, behind, in, below, down, indoors, downstairs, etc.
  • Adverb of Degree: quite, fairly, too, enormously, entirely, very, extremely, rather, almost, absolutely, just, barely, completely, enough, etc.
  • Adverb of Certainty: apparently, clearly, definitely, doubtfully, doubtlessly, obviously, presumably, probably, undoubtedly, etc.
  • Adverbs of Attitude: frankly, fortunately, honestly, hopefully, interestingly, luckily, sadly, seriously, surprisingly, unbelievably, etc.
  • Adverbs of Judgement: bravely, carelessly, fairly, foolishly, generously, kindly, rightly, spitefully, stupidly, unfairly, wisely, wrongly, etc.
  • Conjunctive Adverb (Linking adverb): besides, comparatively, conversely, equally, further, hence, in comparison, incidentally, namely, next, now, rather, undoubtedly, additionally, anyway, certainly, elsewhere, finally, in addition, in contrast, indeed, moreover, nonetheless, similarly, subsequently, thereafter, yet, also, meanwhile, consequently, nevertheless, etc.

Baca juga: Mengenal Degree of Comparison dalam Adjective Beserta Contohnya

One thought on “Adverb: Cara Mudah Memahami Adverb Lengkap dengan Contoh

  1. Pingback: Bagaimana Cara Menggunakan Article in English Grammar? (A, An dan The) - Kampung Inggris Bandung E-PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp