Definisi, Ciri dan Tipe-tipe ‘Sentence’ dalam Bahasa Inggris

Definisi, Ciri dan Tipe-tipe ‘Sentence’ dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Apa itu Sentence? Sentence dalam bahasa Indonesia artinya kalimat, ini mengacu pada klausa, kata, frasa, atau sekelompok frasa, kata, atau klausa yang memberikan gagasan/pemikiran yang lengkap. Sebuah kalimat/sentence dapat memberikan pernyataan, mengajukan pertanyaan, memberikan perintah, menunjukkan seruan, mengungkapkan keinginan atau pernyataan, dan juga bisa menunjukkan sebuah tindakan. Saat menulis, kalimat/sentence selalu dimulai dengan huruf kapital dan tanda titik, seru, atau tanda tanya di akhir kalimat.

 

Apa saja sih ciri-ciri khas dari sebuah kalimat? 

  • Pertama dan terpenting, sebuah kalimat harus memiliki huruf kapital di awal memiliki tanda baca entah itu titik, tanda seru, atau tanda tanya di akhirnya. 
  • Kedua, sebuah kalimat harus mengungkapkan pemikiran atau ide yang lengkap; jika tidak, itu bukan kalimat. 
  • Terakhir, kalimat itu harus memiliki kata kerja dan subjek.

Misalnya ada bentuk seperti ini, The happy father. (Ini adalah frasa dan bukan kalimat karena tidak memiliki kata kerja, tidak menyatakan apa pun tentang ayah yang bahagia; karenanya frasa tidak memberikan pemikiran yang lengkap. Ingat, sebuah frasa harus memberikan pemikiran yang lengkap atau ide untuk menjadi sebuah kalimat) seperti pada contoh berikut ini:

 

The girl is cooking some stew. (Kalimat ini menunjukkan pernyataan)

Is it raining?(Kalimat itu menanyakan pertanyaan. Di awal huruf kapital tetapi diakhiri dengan titik (tanda tanya))

What an incredible miracle! (Kalimat diakhiri dengan tanda seru sebagai titik)

You must do it. (Kalimat itu menyatakan perintah)

 

Lalu bagaimana struktur dari sebuah kalimat dalam bahasa Inggris? 

Terdapat empat struktur kalimat yang bisa kita ketahui, yaitu: kalimat sederhana, kalimat, kalimat majemuk, kalimat kalimat kompleks, dan kalimat majemuk-kompleks

 

Kalimat sederhana

Kalimat-kalimat ini memiliki satu klausa (klausa independen.) Klausa biasanya hanya mengungkapkan satu ide/pikiran. Selain itu, kalimat ini hanya membawa satu kata kerja. Misalnya:

The maid is cooking.

Sam is sleeping.

Her mother is sweeping the house.

 

Kalimat majemuk

Kalimat majemuk adalah kalimat yang klausa bebasnya lebih dari satu. Artinya, klausa independen minimum mereka adalah dua, dan mereka tidak memiliki klausa dependen. Klausa independen ini bergabung bersama menggunakan konjungsi, atau tanda baca. Tanda baca yang digunakan adalah titik koma dan kata penghubungnya meliputi: and, but, yet, for, so, nor, and or. Misalnya:

Michael studied at the US and Elizabeth studies in China. (Klausa independen adalah “Michael belajar di AS” dan “Elizabeth belajar di Cina” dan digabungkan dengan konjungsi “dan”) Mereka adalah klausa independen karena mengekspresikan ide yang lengkap.

 

Mary is cooking, but Moses is washing the dishes.  (Kalimat ini memiliki dua kata kerja “memasak” dan “mencuci,” maka dua klausa. Klausa digabungkan bersama oleh konjungsi “tetapi”)

 

My vehicle broke down; I arrived late. (Titik koma bergabung dengan klausa dalam kalimat ini)

 

Kalimat kompleks

Kalimat-kalimat ini memiliki klausa utama dan klausa dependen (setidaknya satu). Selain itu, kalimat kompleks harus memiliki konjungsi bawahan yang menunjukkan klausa dependen, seperti include, because, after, as, although, how, before, since, if, once, then, where, until, whether, that, till, and while. Misalnya:

 

I missed my exam because I was late. (Klausa independen adalah “Saya melewatkan ujian saya,” sedangkan klausa dependen adalah “karena saya terlambat” dan konjungsi subordinatnya adalah “karena”)

 

I cooked hurriedly after his arrival. (“Saya memasak dengan tergesa-gesa” adalah klausa independen sedangkan klausa dependen adalah “setelah kedatangannya” dan “setelah” adalah konjungsi subordinatif)

 

Kalimat majemuk-kompleks

Kalimat-kalimat ini memiliki banyak klausa, yaitu minimal dua klausa independen/utama dan minimal satu klausa dependen.

 

Mary didn’t sit the exam because she came late, so the teacher was angry.  (Klausa independen dalam kalimat ini adalah “Mary tidak mengikuti ujian” dan “Gurunya marah.” Di sisi lain, klausa dependen adalah “karena dia datang terlambat” )

 

The teacher, who is on duty, is incompetent, but the principal is competent. (Klausa independen adalah, “Guru tidak kompeten” dan “kepala sekolah kompeten.” “Siapa yang bertugas” adalah klausa dependen.”) Selain konjungsi bawahan, klausa dependen juga dapat dimulai dengan kata ganti relatif seperti whose, whom, who, which, and that.

 

Tipe-tipe kalimat dalam Bahasa Inggris

Terdapat empat tipe kalimat, yaitu deklaratif, interogatif, imperatif dan kalimat seruan. 

Kalimat Deklaratif

Kalimat-kalimat ini adalah tipe yang paling umum. Kalimat deklaratif merujuk pada kalimat yang membuat pernyataan, menggambarkan sesuatu atau orang, dan juga mengungkapkan perasaan atau pendapat. Kalimat ini harus diakhiri dengan tanda titik.

Mary loves eating cookies. (Statement)

I am excited because of the upcoming sports day. (Feeling)

His wife is smartly dressed. (Describes a person)

 

Kalimat Interogatif

Kalimat ini merujuk pada kalimat yang membantu orang mengajukan pertanyaan. Mereka harus memiliki tanda tanya di akhir. Kalimat ini bisa mulai dengan kata-kata seperti  why, what, how, when, did, where.

 

What is an interrogative sentence?

Did you complete your assignment?

Do you know the answers to the mathematics assignment?

 

Kalimat Imperatif

Kalimat ini adalah kalimat yang mengungkapkan perintah, instruksi, atau permintaan. Biasanya pada kalimat ini memiliki tanda titik di akhir tetapi juga bisa memiliki tanda seru jika ada tuntutan yang memaksa.

Please give me some tea. (a request)

Stop it! (Command)

Close the door immediately after cleaning the house. (instruction)

 

Kalimat seruan

Ini adalah kalimat yang mengekspresikan emosi. Maka dari itu kalimat ini harus memiliki tanda seru di akhir kalimatnya. 

Wow, he got a law degree!

What a great day!

How well she dances!

I can’t believe she is finally getting married!

 

Kesimpulannya, kalimat mengacu pada klausa, kata, atau sekelompok klausa atau kata yang mengungkapkan pemikiran yang lengkap. Sebuah kalimat harus dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda seru, titik atau tanda tanya. Ada berbagai jenis struktur dan jenis kalimat dan bantuan dalam menulis kalimat yang benar dan lengkap.

 

Baca juga: Future Tense: Definisi, Bentuk, Aturan Serta Contoh dalam Kalimat

One thought on “Definisi, Ciri dan Tipe-tipe ‘Sentence’ dalam Bahasa Inggris

  1. Pingback: Definisi dan Tipe-tipe ‘Phrase’ dalam Bahasa Inggris - Kampung Inggris Bandung E-PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp