Penggunaan Preposisi In, On, At

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Masih bingung kapan kamu harus menggunakan in, on, dan at? E-PLC punya penjelasannya! Yuk simak artikel di bawah ini mengenai penggunaan preposisi!

Penggunaan preposisi “in,” “on,” dan “at” mungkin bisa jadi membingungkan buat kamu. Apalagi kalau kamu baru belajar bahasa Inggris. Kamu perlu banget nih simak penjelasannya karena preposisi ini sangat penting untuk digunakan dengan benar dalam bahasa Inggris. Preposisi ‘in’, ‘on’, ‘at’  membantu menunjukkan lokasi atau waktu dengan aturan penggunaan yang berbeda.

 

  1. Penggunaan ‘In’ (Tempat)

Preposisi “in” biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi di dalam suatu tempat yang tertutup, seperti di dalam rumah, di dalam kota, atau di dalam negara. Misalnya, “I live in the city” yang artinya saya tinggal di dalam sebuah kota atau “She is in the house” yang artinya dia berada di dalam rumah.

 

  1. Penggunaan ‘On’

Preposisi on” biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi di atas suatu permukaan, seperti di atas meja, di atas kertas, atau di atas tangga. Misalnya, “The book is on the table” yang artinya buku itu berada di atas meja (di atas permukaan meja) atau “I stepped on a Lego” yang artinya saya menginjak Lego (posisi kaki kita berada di atas Lego).

 

  1. Penggunaan ‘At’

Sementara itu, preposisi “at” biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi di suatu tempat yang spesifik atau di suatu acara. Misalnya, “I am at the movies” yang artinya saya sedang menonton film atau “The party is at Joe’s house” yang artinya pestanya akan diadakan di rumah Joe.

 

  1. Penggunaan ‘In’

Selain itu, preposisi “in” juga dapat digunakan untuk menunjukkan waktu. Misalnya, “I will see you in the morning” yang artinya saya akan menemuimu pagi ini atau “The sale ends in two days” promo tersebut akan berakhir dalam dua hari. Namun, preposisi “on” dan “at” juga dapat digunakan untuk menunjukkan waktu, tergantung pada konteksnya. Misalnya, “I have a meeting on Monday” yang artinya saya ada meeting pada hari Senin atau “The movie starts at 7 pm” yang artinya filmnya akan dimulai pada jam tujuh malam.

 

Masih bingung? Hmm, kalau kamu masih bingung inget aja untuk menggunakan preposisi “in,” “on,” atau “at,” ingatlah bahwa “in” biasanya digunakan untuk menunjukkan lokasi di dalam suatu tempat tertutup, “on” biasanya digunakan untuk menunjukkan lokasi di atas suatu permukaan, dan “at” biasanya digunakan untuk menunjukkan lokasi di suatu tempat yang spesifik atau di suatu acara. Dan jangan lupa, kadang-kadang “in” juga dapat digunakan untuk menunjukkan waktu, tergantung pada konteksnya.

 

Merasa artikel ini bermanfaat? Yuk cek artikel kita yang lainnya juga! Dijamin kamu pasti langsung paham mengenai bahasa Inggris! 

 

Baca juga: Penggunaan Have to, Should, Must

 

One thought on “Penggunaan Preposisi In, On, At

  1. Pingback: Indefinite Pronoun : Somebody vs. Someone vs. Anybody vs. Anyone - Kampung Inggris Bandung E-PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp