Apa Itu Idiom dalam Bahasa Inggris dan Bagaimana Sejarahnya

Apa Itu Idiom dalam Bahasa Inggris dan Bagaimana Sejarahnya

Kampung Inggris Bandung E-PLC – Ketika bahasa Inggris bukan bahasa yang kita kuasai sejak lahir, bisa jadi idiom akan sedikit membingungkan. Begitu banyak dari kita yang keliru memahami makna sebenarnya dari sebuah idiom serta masih bingung bagaimana cara menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Yuk kita kenali idiom lebih dekat lagi. 

 

Apa itu Idiom?

Idiom ada dalam semua bahasa di setiap benua di seluruh dunia. Mereka dikenal sebagai bentuk bahasa kiasan. Jenis bahasa ini tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Ungkapan-ungkapan ini memiliki makna kiasan yang memiliki gambaran dalam pikiran seseorang sebagai perbandingan dengan apa yang secara harfiah tersirat dari istilah yang digunakan. Kebanyakan idiom datang dalam bentuk frase yang dikenal sebagai frase idiomatik. Idiom digunakan setiap hari dalam semua jenis percakapan dan bahkan diskusi tentang apapun. Idiom paling sering muncul dalam percakapan informal, tetapi juga dapat muncul dalam situasi yang formal.

 

Idiom adalah hal-hal yang dikatakan atau ditulis orang yang jika diartikan secara harfiah, tidak masuk akal. Ini bisa sangat membingungkan, tetapi pada dasarnya itu adalah ‘ucapan’ atau ‘frasa’ yang dipahami oleh penutur bahasa Inggris dalam hal makna yang dimaksudkan, tetapi ketika dilihat dari kata sebenarnya, kata-kata tersebut menjadi sedikit atau tidak masuk akal sama sekali. 

 

Contohnya kita bisa saja mengatakan bahwa mereka “Over the moon” karena sesuatu yang baik terjadi dalam hidup mereka. Jika kita mengartikannya secara harfiah maka artinya tentu akan sangat membingungkan. Tetapi dengan idiom tersebut kebanyakan orang seharunya mengerti bahwa kita mencoba untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar bahagia terhadap suatu hal. Mari kita lihat sedikit sejarah tentang idiom ini. 

 

Sejarah Idiom

Sebagian besar idiom memiliki sejarah penggunaan yang luas dalam jangka waktu yang lama. Banyak yang memiliki asal-usul dalam Alkitab dan bahkan lebih banyak lagi yang berasal dari frase dan kata Inggris Kuno atau Latin. Penulis terkenal seperti Shakespeare, Chaucer, dan banyak lainnya telah menggunakan atau bertanggung jawab penuh atas penciptaan beberapa idiom dalam karya puisi, drama, drama, dan banyak lagi. Penulis terkenal ini menggunakan idiom untuk mencegah tulisan mereka terdengar hambar, biasa, dan berulang dengan menggunakan perbandingan membosankan yang sama menggunakan istilah relatif dan literal. Faktanya, sebagian besar idiom populer yang masih kita gunakan hingga hari ini telah teruji terus digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.

 

Contoh Idiom

Penutur asli bahasa Inggris, atau bahasa apa pun dalam hal ini, secara alami mewarisi pengetahuan untuk mengetahui apa arti idiom karena mereka sudah mendengarnya setiap hari. Namun, ketika kita belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan bukan bahasa utama, idiom dan bentuk bahasa kiasan lainnya bisa sangat sulit untuk dipahami. Memahami mereka, bagaimanapun, adalah bagian penting untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang di sekitar kita. Yuk kita lihat beberapa contoh idiom untuk menjadi awalan kita mempelajarinya;

 

Hit the books: idiom ini berarti belajar, terutama dengan intensitas tertentu. Ini digunakan sebagai kata kerja – hit the books.

On the ball: frasa idiom ini digunakan untuk merujuk seseorang yang waspada, aktif, atau penuh perhatian. Jika kita mengatakan bahwa seseorang sedang “on the ball”, berarti dia memahami situasinya dengan baik.

Pull someone’s leg: idiom ini berarti mendorong seseorang untuk bereaksi berlebihan.“I hadn’t pulled Ms Jane’s leg for any of that stuff, she had just handed it to me on a platter, and that wasn’t my fault”

Hit the sack: Idiom ini umumnya berarti pergi tidur. Kita juga bisa mengatakan “hit the hay” yang memiliki arti yang sama.

 

Baca juga: Frasa Alternatif untuk ‘Interesting/Boring and I Like It/I Don’t Like It’

 

One thought on “Apa Itu Idiom dalam Bahasa Inggris dan Bagaimana Sejarahnya

  1. Pingback: Hal-hal Penting dari Idiom dan Bagaimana Cara Menggunakan-nya - Kampung Inggris Bandung E-PLC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi via Whatsapp